Rabu, 09 Mei 2012

Cara Pasang Infus Pada Printer HP Yang Benar, Menginfus printer lebih baik daripada isi ulang cartridge printer > Cara Pasang Infus Pada Printer HP Yang Benar

cara infus printer seperti ini. Printerku tintanya abis, terus aku refill sendiri. Tiba – tiba, keempat warnanya ga bisa keluar. Waduh, pusing gue. Tanpa pikir panjang langsung aja aku rendem pake air hangat, sebenernya sayang sih, baru sebulan ni printer udah aku rendem head cartridgenya. Abis aku rendem ternyata tintanya udah keluar, tapi yang merah belom.

udah 3 hari warna merah belum juga nongol, akhirnya hari keempat udah keluar , tapi kualitas print nya masih garis2 gitu, jelek dah.
Nah, aku kasih tau solusinya misal anda mengalami hal serupa dgn saya. Cobalah ganti merk tinta, mungkin aja katridmu ga cocok sama tinta yang kamu pake sekarang. Tiap merk tinta beda kekentalannya, tinggal mana yang cocok sama printermu, harga juga mempengaruhi lho  .
Setelah mengalami hal diatas, aku pikir2 masa’ tiap ngisi ulang katrid susahnya kaya’ gini?? lama2 aku banting ni printer kalo lagi emosi  . Muncullah ide…. tetteretteret… “Menginfus Printer” karena kepingin printernya omriz yang udah diinfus printernya. Ga perlu susah2 ngisi ulang katrid, tangan belepotan, tinta malah ga keluar2 :@ .
Nah ini dia alat dan bahannya :
1. Printer (harus ada lah  )
2. Tabung Tinta (Ink Tank)
3. Gunting atau silet.
4. Selotip.
5. Bor
  • Pertama, pastikan kondisi printermu baik, jangan ampe katrid ga keluar tintanya malah kamu infus. Misal kualitas print masih bergaris – garis coba dulu kamu “cleaning” sampe kualitas print sudah top markotop, baru deh kamu mulai pasang infus.
  • Kedua, ambil katrid dari printer, trus lubang pada katrid di bor karena masih terlalu sempit buat karet selangnya (lihat gb.2), kalo udah tinggal masukin karet selang ke lubangnya. Jangan lupa tutup lubang2 lain, karena printerku HP D2566 lubang katridnya ada lima. Supaya katrid nantinya bisa nyedot tinta dari dalem ink tank, maka kondisi katrid harus vacum, artinya tidak ada jalan udara. Kamu bisa tutup lubang itu pake selotip (lihat kartrid hitam) ato pake sumbatan (lihat katrid warna).
  • Ketiga, pasang selang pada katrid. Sebelum dipasang, tinta di selang kan masih di bawah ya, nah biar tinta ada di ujung selang maka disedot pake suntikan, jangan pake mulut, malah minum tinta lu  .
  • Keempat, buat “jalur” untuk selang tintanya. bisa pake potongan penggaris, ato teserah anda2, gunakan alat seadanya  .
  • Terakhir, rapikan selang dengan selotip.
Mudah kan?? kamu ga perlu repot2 lagi buat ngisi tinta printer  .
Hal – hal yang perlu Diperhatikan :
  • Kondisi Ink Tank harus sejajar dengan printer. Jangan ditaruh diatas printer, ntar tinta mengalir ke katrid berlebihan dan bikin katrid jadi kebanjiran tinta. Ati – ati.
  • Jangan lupa tutup ink tanker harus dibuka ketika dipake ngeprint.
  • Ketika printer diinfus, cover dari print pastinya ga bisa tertutup rapat, sehingga printer ga mau ngeprint krna tutup printer masih terbuka. Biasanya muncul status printer “The cover is open”. Nah solusinya kamu kasih “ganjel  ” pada indikator penutup printer. (lihat gambar)
  • Kalo printer dipake buat ngeprint dokumen yang sangat banyak, misal 100 lembar. Jangan kamu langsung ngeprint 100 lembar sekaligus, kalo bisa 40 lmbr berhenti, trus biar printer istirahat baru dilanjutkan kembali. Karena, katrid yang diinfus dalam kondisi vacum, sehingga kalo terlalu lama dipake head cartridge akan panas dan katrid anda cepat rusak.
  • Jangan terlalu sering kamu melakukan “head cleaning” yang biasa terdapat pada toolbox printermu. Karena pada saat di cleaning, head cartridge berada dalam kondisi panas.
  • Usahakan printer sering dipake, min 3 lembar seminggu.
  • NB : USE WITH YOUR OWN RISK
News Update
Printer HP umumnya sulit untuk diinfus. Masalah yang dihadapi biasanya bocor, karena katrid tidak mampu menahan tekanan tinta. Cara baru menggunakan damper, perangkat tambahan yang dihubungkan ke tabung tinta. Fungsi perangkat ini untuk mengatur aliran tinta agar berjalan satu arah sehingga tinta tidak menetes di head print. Bisa digunakan di HP dan Canon.
Peralatan yang telah dicoba oleh http://www.lidatasmd.blogspot.com dengan hasil seperti ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar